Perdarahan Hamil Tua dan Perdarahan Postpartum


Perdarahan Hamil Tua dan Perdarahan Postpartum

oleh : Dr. John Slamet Khoman
Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara
Rumah Sakit Dr. Pirngadi, Medan


keywords : plasenta previa, solusio plasenta, perdarahan postpartum, atonia uteri, ROBEKAN/LASERASI JALAN LAHIR, retensio plasenta



PENDAHULUAN

Salah satu masalah penting dalam bidang obstetri dan ginekologi adalah masalah perdarahan. Walaupun angka kematian maternal telah menurun secara dramati dengan adanya pemeriksaan-pemeriksaan dan perawatan kehamilan dan persalinan di rumah sakit dan adanya fasilitas transfusi darah,namun kematian ibu akibat perdarahan masih tetap merupakan faktor utama dalam kematian maternal.

Perdarahan dalam bidang obstetri hampir selalu berakibat fatal bagi ibu maupun janin, terutama jika tindakan pertolongan terlambat dilakukan, atau jika komponennya tidak dapat segera digunakan. Oleh karena itu, tersedianya sarana dan perawatan sarana yang memungkinkan penggunaan darah dengan segera, merupakan kebutuhan mutlak untuk pelayanan obstetri yang layak.

Perdarahan obstetri dapat terjadi setiap saat, baik selama kehamilan, persalinan, maupun masa nifas. Oleh karena itu, setiap perdarahan yang terjadi dalam masa kehamilan, persalinan dan nifas harus dianggap sebagai suatu keadaan akut dan serius, karena dapat membahayakan ibu dan janin. Setiap wanita hamil, dan nifas yang mengalami perdarahan, harus segera dirawat dan ditentukan penyebabnya, untuk selanjutnya dapat diberi pertolongan dengan tepat.

Link Download :http://www.ziddu.com/downloadlink/5348114/19_PerdarahanHamilTuadanPerdarahanPostpartum.pdf



Mungkin PDF ini yang anda cari


2 komentar:

wah,,makasih ya bro,,linknya pake yang ne ya,,lok mo barter kasih tw ya,,, Stop dreaming start action
sbagai barterannya aku daftar ziddu pake link refferalmu,,gmna??? lmayan 0,3 dollar kan???

kasih tw ya


sip bro dah tak daftar pake ref km



Posting Komentar