Makalah EPTM “ASTHMA BRONCHIALE” (Sesak Nafas)


Makalah EPTM “ASTHMA BRONCHIALE” (Sesak Nafas)

keyword : asthma bronchiale, sesak nafas, makalah kebidanan, penyakit



I. PENDAHULUAN

Pembangunan secara umum sering diartikan sebagai upaya multidimensi untuk mencapai kualitas hidup seluruh penduduk yang lebih baik. Pembangunan kesehatan di Indonesia diselenggarakan secara menyeluruh dan berkesinambungan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Pembangunan ini semakin penting mengingat kesehatan adalah hak asasi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan investasi untuk pembangunan bangsa. Oleh banyak negara, termasuk Indonesia dan Provinsi Lampung, pembangunan kesehatan dimaknakan sebagai proses yang terus menerus dan progresif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (Dinkes Provinsi Lampung, 2005). Status atau derajat kesehatan masyarakat ditentukan oleh berbagai faktor seperti, lingkungan, perilaku masyarakat dan pelayanan kesehatan. Dalam mengatasi masalah kesehatan faktor-faktor tersebut perlu mendapat perhatian serta penanganan sebagai satu kesatuan. Untuk menjunjung upaya kesehatan agar mencapai derajat kesehatan yang optimal, maka upaya di bidang kesehatan lingkungan dan perorangan perlu mendapat perhatian, salah satunya adalah penyakit pernafasan yaitu asthma (Hendarto, dkk, 2003).

Penyakit Asthma Bronchiale merupakan suatu penyakit dengan ciri meningkatnya respon trakea dan brochus terhadap rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajat yang dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun dari berbagai alergen. Penyakit Asthma Bronchiale dapat menyerang semua tingkat usia pada setiap lapisan masyarakat baik dengan status ekonomi lemah maupun status ekonomi cukup, pada pasien asthma dengan sebab apapun akan mengalami patofisiologi yang dapat mengganggu pola nafas, pertukaran gas, keseimbangan cairan, nutrisi, aktivitas rasa nyaman dan dapat terjadi berbagai komplikasi. Umumnya penyakit asthma disebabkan oleh udara dingin, debu, protein, bulu halus binatang, kelelahan dan zat kimia serta riwayat keluarga yang mempunyai penyakit yang sama (Soeparman dkk., 1999).

Penyebab penyakit pada manusia jarang bersifat sederhana. Hanya beberapa keadaan yang disebabkan oleh penyebab tunggal, sedangkan yang lainnya bersifat multifaktor seperti sifat-sifat keturunan (faktor umum yang dalan masalah alergi), ketidakseimbangan gizi, faktor stress elemen emosi atau psikologi dan lain-lain. Ada bukti-bukti yang menunjang adanya pandangan oseopatik dan kiropatik bahwa seringkali terdapat elemen struktural dan mekanik (terutama pada kasus asthma) sebagai predisposisi suatu penyakit atau disfungsi.

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka penulis sangat tertarik untuk lebih jauh memahami tentang aspek klinis dan aspek epidemiologis penyakit asthma bronchiale.


Link Download :http://www.ziddu.com/download/5152787/Makalah_EPTM_Asthma_Bronchiale.pdf.html



Mungkin PDF ini yang anda cari


0 komentar:

Posting Komentar